Hasil Rapat Persiapan (Special Olympic Indonesia) 2017

Special Olympic Indonesia (SoIna) merupakan salah satu organisasi keolahragaan yang khusus menangani para Tuna Grahita yang memiliki hambatan intelektual yang rendah dan memiliki IQ sekitar 60-70 namun memiliki kemampuan dalam berolahraga. Sebelumnya, SoIna ini diurus oleh NPC yang merupakan wadah bagi para atlet yang memiliki kebutuhan khusus namun pada saat ini telah dibantu oleh Dinas Pemuda dan Olahraga agar SoIna dapat terus berkembang menciptakan atlet-atlet unggulan ditengah keterbatasannya.

Rapat persiapan POPDA SOIna pada hari Senin, 6 Maret 2017 merupakan tindak lanjut dari persiapan POPDA SoIna yang akan dilaksanakan di Banjarbaru pada tanggal 13-14 Maret 2017. Adapun pada rapat kali ini, Dispora juga kedatangan Tim NPC dan panitia Tuna Grahita. Diharapkan POPDA soIna dapat menghasilkan prestasi yang baik bagi seluruh tim yang terlibat dalam pelaksanaan POPDA SOIna serta dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
Adapun terjalinnya kebersamaan, kepahaman, menjalin komunikasi antara satu dengan yang lain untuk menghindari persoalan-persoalan yang tidak diinginkan pada saat di lapangan.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Bapak Abu Sufian selaku pembicara pada rapat persiapan POPDA SoIna ini, yaitu:

  1. Surat edaran pemberitahuan pelaksanaan POPDA SoIna telah diedarkan ke masing-masing Kabupaten/ Kota dan di harapkan dapat di tindak lanjuti secara cepat.
  2. Ada 5 (lima) cabang olahraga yang akan di pertandingkan, diantaranya ialah:
    a. Atletik dengan 8 nomor yang dipertandingkan, bertempat di Lapangan H. Idak, Banjarbaru
    b. Bulu tangkis dengan 3 nomor yang dipertandingkan, bertempat di Dua Rizky
    c. Bocce dengan 2 nomor yang dipertandingkan, bertempat di Lapangan H. Idak
    d. Futsal yang bertempat di Lapangan H. Idak
    e. Renang yang bertempat di Kolam Renang Idaman
  3. Waktu pendaftaran masih berlaku sampai tanggal 12 Maret 2017
  4. Keabsahan peserta akan dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2017 di SLB Sungai Paring pukul 12.00-selesai
  5. Technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2017 di SLB Sungai Paring pukul 16.00-18.00 WITA
  6. Upacara pembukaan akan dilaksanakan pada jam 8.00 WITA- selesai di Lapangan H. Idak. Upacara pembukaan diiringi oleh lagu Mars SoIna.
  7. Jadwal pertandingan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Maret 2017.

Adapun persiapan dari atlet yang akan bertanding pada POPDA SoIna ini sedang dalam masa persiapan. Masing-masing kabupaten/kota mengirim minimal 13 atlet kecuali Banjarmasin, Banjarbaru, Tapin, dan Banjar karena memiliki lebih dari 3 (tiga) SLB (Sekolah Luar Biasa).
Saat ini, total atlet yang telah terdaftar ialah sebanyak 193 orang atlet dari berbagai kabupaten/ kota dengan masing-masing 5 pendamping di tiap cabang olahraga

Sumber: Dispora Prov. Kalsel

Posted in Keolahragaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *