PON XX Di Papua, Atlet Kalsel Diberikan Pelatihan Psikologi Guna Tingkatkan Mental

Guna memberikan pembekalan dan fisiologi mental atlet dalam menunjang prestasi, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel mengadakan Workshop Atlet dan Pelatih khusus Cabang Olahraga Unggulan PON ke XX Kontigen Kalimantan Selatan di Hotel Berbintang, Banjarmasin.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari dan turut dihadiri Sekretaris KONI Kalsel, atlet unggulan, pelatih, jajaran Dispora Kalsel dan kegiatan dibuka secara resmi oleh Kadispora Kalsel, Hermansyah.

Hermansyah mengatakan workshop atlet dan pelatih cabor unggulan PON XX dalam rangka meningkatkan kemampuan dan fisiologi mental atlet. Artinya dimulai dari persiapan, latihan kemudian saat pelaksanaan dan pertandingan, agar mental mereka adalah mental juara.

“Artinya dengan workshop ini mereka punya pembekalan fisiologi yang baik dan kuat. Bahkan kita datangkan langsung narasumber nasional dari Kemenpora,” kata Hermansyah, Senin (7/6/2021).

Hermansyah berharap yang hadir ini adalah atlet yang berprestasi. Bahkan mereka menargetkan meraih 14 medali emas. Tentu mereka harus disiapkan benar-benar supaya daya psikologisnya kuat.

“Karena psikologis ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan atlet. Jadi kalau psikologisnya kuat, maka bertandingnya akan bagus. Ini yang akan ditingkatkan agar semangatnya terus menggelora,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Fitri Hernandi mengatakan, tujuan pelatihan psikologi untuk pelatih dan atlet cabang olahraga andalan Provinsi Kalsel untuk mempersiapkan PON Papua mendatang.

“Pelatihan ini merupakan kolaborasi antara psikologi Satgas Wasaka dengan psikologi nasional yang pernah berkiprah pada ajang nasional dan internasional,” kata Fitri.

Menurut, Fitri Pelatihan ini sangat penting untuk mengetahui mental bertanding para atlet Kalsel. “Dengan mengetahui mental bertanding atlet, maka para psikolog ini dapat meningkatkan mental bertanding tersebut,” ungkapnya.

Posted in Keolahragaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *