Profil Dinas

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan adalah instansi bertipe A yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kepemudaan dan olahraga berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 11 Tahun 2016 Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Mempunyai tugas dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan bidang kepemudaan dan olahraga sebagaimana tercantum dalam pasal 32 bagian keduapuluh pada Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 072 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan 7 (tujuh) fungsi dalam pelaksanaan tugasnya yaitu : 1) perumusan kebijakan teknis bidang kepemudaan dan keolahragaan; 2) pelaksanaan kebijakan pemberdayaan tenaga dan sumberdaya yang berwawasan iptek dan imtaq; 3) pelaksanaan kebijakan pengembangan infrastruktur, kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan pemuda; 4) pelaksanaan kebijakan pembudayaan olahraga melalui lembaga pendidikan, olahraga rekreasi, tradisional dan layanan khusus; 5) pelaksanaan kebijakan pengembangan olahraga berprestasi melalui pembibitan, pemusatan latihan; 6) pembinaan, pengawasan dan pengendalian unit pelaksana teknis; dan 7) pengelolaan kegiatan kesekretariatan.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan terdiri atas 5 (lima) unit organisasi yaitu : 1) sekretariat, 2) bidang pemberdayaan pemuda; 3) bidang pengembangan pemuda; 4) bidang pembudayaan olahraga; dan 5) bidang pembinaan olahraga prestasi. Secara personil dispora provkalsel terdiri atas 21 (dua puluh satu) pejabat struktural yang terdiri dari Kepala Dinas (eselon II.a), 5 (lima) orang kepala bidang dan sekretaris (eselon III.a) dan 15 (lima belas) kepala sub bagian dan kepala seksi (eselon IV.a).

Dibentuk pada tahun 2017 pada masa pemerintahan Gubernur H. Sahbirin Noor, sebelumnya Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan memiliki nomenklatur Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan atau Disporabudpar Provkalsel namun setelah diterbitkannya Perda Nomor 11 Tahun 2016, Disporabudpar Provkalsel dipisah menjadi 2 (dua) dinas baru yaitu Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan sedangkan untuk Urusan Kebudayaan digabung dengan Dinas Pendidikan sehingga sekarang nomenklaturnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Beralamat di Jalan Pramuka Nomor 4 Banjarmasin, Dispora Provkalsel menempati gedung eks. Kantor Kanwil XII Depparpostel Kalimantan Selatan yang dibangun pada tahun 1997 dan diresmikan pada tanggal 28 Mei 1998 oleh Bapak Gubernur Kalimantan Selatan Drs. H. Hasan Aman, yakni sebagai tindak lanjut undang-undang Menparpostel yang mengharuskan untuk membangun kantor perwakilan sebagai wakil Pemerintah Pusat, sedangkan untuk Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan (bidang kebudayaan) bertempat di jalan Let. Jend. S. Parman No. 44 Banjarmasin atau eks Dinas Pendidikan Prov. Kalsel.