Kalsel Memaksimalkan Fornas 2017

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) – Komisi IV bidang kesra DPRD Kalimantan Selatan mengharapkan, sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) IV tahun 2017, provinsinya mampu memaksimalkan even tersebut.

“Memang dana pelaksanaan Fornas IV pada APBD kita kecil, tetapi bagaimana cara memaksimalkan even nasional yang akan diikuti seluruh provinsi di Indonesia,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Yazidie Fauzy usai rapat bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dipora) Kalsel di Banjarmasin, Senin.

Ia menerangkan, semula dalam APBD Kalsel 2017 untuk sebagai tuan rumah Fornas IV tertera alokasi dana sekitar Rp5 miliar, tetapi sesudah revisi atau evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tinggal Rp800 juta.

“Bayangkan dari rencana anggaran Rp5 miliar menjadi Rp800 juta, bagaimana cara memaksimalkan alokasi dana yang kecil itu,” ujar mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel tersebut.

Namun, lanjutnya, Kalsel jangan kehilangan semangat dan harus saling bahu membabu-menjalin kekompakan agar pelaksanaan Fornas IV yang dijadwalkan Oktober mendatang betul-betul sukses, kendati dengan dana kecil.

Oleh sebab itu, dia berharap, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel turut menunjang kesuksesan Fornas IV, misalnya dengan memanfaatkan anggaran yang memang bisa mengarah pada kegitan even nasional tersebut.

Begitu pula, perusahaan-perusahaan swasta, dan terlebih Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di Kalsel atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), mungkin bisa menyisihkan dan kepedulian sosial (CSR) untuk turut menyukseskan Fornas IV, demikian Yazidie.

Sementara Kepala Dispora Kalsel Zakly Aswan mengatakan, kedatangannya bersama staf ke Komisi IV DPRD provinsi setempat untuk melaporkan berbagai persiapan sebagai tuan rumah Fornas IV.

Selain itu, bertukar pikiran atau meminta masukkan dari para wakil rakyat Kalsel agar pelaksanaan Formas IV sukses, baik sebagai tuan rumah maupun selaku peserta even nasional tersebut.

Untuk Fornas IV tersebut Pantia Pelaksana merencanaan 10 venue tersebar pada beberapa tempat dalam “kota seribu sungai” Banjarmasin, antara lain Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Gedung Bundar Sultan Suriansyah (Susu), Stadion 17 Mei, dan Menara Pandang.

Sedangkan cabang olahraga dalam Fornas IV itu antara lain bermain egrang (tungkau), terompah panjang, sumpit, aerobik dan jumba, panco (bapanca), balogo, bagasing, dagongan/tarik tambang, senam poco-poco, dan senam sajojo, serta layang dandang di tengah lapangan

sumber : http://kalsel.antaranews.com/berita/42954/kalsel-memaksimalkan-fornas-2017

Posted in Keolahragaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *